Masa Pandemi tak surutkan semangat kader-kader Pelajar Islam Indonesia (PII) Pengurus Daerah Rejang Lebong, Bengkulu untuk mengadakan kegiatan kaderisasi.

Pelajar Islam Indonesia Rejang Lebong
Foto Bersama Panitia Dan Keluarga Besar PII

Tanggal 21 Februari, bertempat di SMA PGRI 1 Rejang Lebong, acara pembukaan kegiatan Leadership Basic Training (LBT) diselenggarakan.

Kegiatan di buka oleh keluarga besar PII Rejang Lebong Drs. Nazarudin. Penyelenggaraan LBT Merupakan salah satu langkah penting yang rutin dilakukan oleh PII dalam rangka turut membina pelajar melalui kegiatan di luar jam sekolah. Karena Pandemi, kegiatan ini sudah cukup lama tidak di adakan oleh PII.

Penyelenggaraan kegiatan LBT di Rejang Lebong termasuk kegiatan pertama yang dilakukan oleh PII Bengkulu setelah mempertimbangkan menurunnya kasus penularan Covid-19 di kawasan tersebut. Meski demikian protokol kesehatan tetap diterapkan di antaranya dengan pembatasan jumlah peserta yang diperkenankan untuk ikut.

Dalam sambutannya Drs. Nazarudin yang mewakili Keluarga Besar PII menyampaikan harapan agar kegiatan LBT dijadikan sebagai agenda rutin. Tujuannya untuk membina dan mengembalikan semangat para pelajar agar berprestasi di sekolah dan memiliki kepribadian yang baik sebagai gemerasi muda Islam. PII harus mampu menjadikan dirinya sebagai lingkungan pergaulan alternatif bagi para pelajar, agar pelajar memiliki tempat untuk terus membina diri selepas berkegiatan di sekolah.

Drs. Nazarudin juga menghimbau kepada kaum muslimin, khususnya KB PII untuk mendukung kegiatan adik-adik PII. Melalui wadah silaturrahmi di organisasi ini, mari bersatu untuk terus mejaga keutuhan umat. Diujung sambutannya Drs. Nazarudin menyampaikan selamat datang kepada para peserta LBT, selamat mengikuti acara LBT hingga selesai. Setelah kegiatan LBT, Nazarudin juga berharap agar para kader aktif berkiprah di PII untuk memberikan warna dalam pembinaan dan dakwah dikalangan pelajar.

Baca juga:  Arif Jamali Muis: Warga Persyarikatan Muhammadiyah Jangan Takut Divaksin
Foto Bersama Pengurus Daerah Keluarga Besar PII
Foto Bersama Pengurus Daerah Keluarga Besar PII

Sementara itu, Dini Khorunnisa yang bertindak sebagai Ketua Panitia LBT dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan LBT adalah salah satu program utama PD PII Rejang Lebong. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dengan Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia Bengkulu. Dini Khoirunnisa juga melaporkan kegiatan pertama di masa Pandemi ini dibatasi hanya untuk 14 peserta. Terdiri atas 8 peserta perempuan dan 6 peserta laki-laki yang berasal dari SMKN 10 Bengkulu utara, SMK IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong, SMP 5 Bengkulu Tengah, dan MA Baitul Makmur.

Mewakili panitia Dini juga menyampaikan banyak terimakasih atas dukungan banyak pihak. Terutama kepada Bapak Kasi, Kepala Sekolah SMA PGRI 1 Rejang Lebong, atas sambutan dan dukungan totalnya terhadap kegiatan PII.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 4 hari ini diisi oleh Instruktur LBT berasal dari Pengurus Wilayah PII Bengkulu sejumlah 5 orang. Koordinator Tim Instruktur Wahyu Islamet mengatakan LBT adalah salah satu proses pengaderan tahap awal di PII, dimana akan ada beberapa tahapan berikutnya. Tim instruktur sudah merancang proses pembelajaran sedemikian rupa sehingga kader pasca training bisa siap pakai untuk membantu memecah kebuntuan kaderisasi umat di kalangan generasi muda Islam. Program LBT menurut Wahyu Islamet disisi lain juga dalam rangka mencoba membentuk karakter pemimpin yang sesuai dengan syari’at islam, yakni berkarakter Muslim, Cendikia dan Pemimpin.