Gempa mamuju berkekuatan 6,2 skala Richter pada tanggal 15 Januari 2021 dinihari telah menimbulkan dampak kerusakan luar biasa pada sebagian besar dua kabupaten di Sulawesi Barat, yaitu Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene. Hampir semua bangunan rusak dan runtuh.

Tim BIK Peduli Dalam Upaya Perbaikan Kondisi Dusun Palada
Rehabilitasi Musholla – Dusun Palada, Kabupaten Mamuju

Kerusakan bangunan terutama rumah-rumah warga yang runtuh telah menimbulkan dampak serius bagi kenyamanan, aktivitas, dan kebersihan warga, terutama akibat ikut rusaknya saluran air melalui pipa yang mengalirkan air bersih dari mata air di atas pegunungan. Belum lagi hilangnya sumber mata pencaharian warga yang kesehariannya mencari kayu hutan, berkebun dan bertani padi gunung.

Akibat guncangan gempa yang demikian kencang menyebabkan longsornya tanah pegunungan dan rusaknya perkebunan mereka serta tertutupnya jalan akses ke hutan. Praktisi hampir semua aktvitas kerja mereka lumpuh dan tak lagi bisa menghasilkan.

Kondisi makin parah karena gempa telah menghilangkan juga rumah dan harta benda mereka. Aktivitas beribadah pun terkendala karena sebagian besar masjid pun runtuh. Hal inilah yang mengundang kepedulian banyak orang untuk turut berkontribusi memberikan bantuan kemanusiaan.

Belajar Bahasa Arab – Dusun Palada, Kabupaten Mamuju

Dan diantara yang turut peduli akan bencana kemanusiaan tersebut adalah Pesantren Bina Insan Kamil (BIK) Jakarta. Pesantren BIK telah mengirimkan tim BIK Peduli untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan tahap pertama pada tanggal 25 Januari 2021 dan tahap kedua pada tanggal 16 Februari 2021.

Bertempat di Posko Bersama di Dusun Pala’da Desa Takandeang Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju Tim BIK Peduli melakukan assesment semua kebutuhan warga diantaranya adalah kebutuhan MCK, pipanisasi air bersih dari mata air pegunungan, renovasi sekolah, pembangunan masjid, pembuatan rumah warga yang sangat membutuhkan, dan juga dapur umum.

Baca juga:  Sikap Tegas Fraksi PKS: Batalkan Perpres Legalisasi Miras

Maka mulailah program kerja dilakukan bersama-sama dengan para relawan dari berbagai komunitas dakwah dan kemanusiaan. Satu persatu program selesai atas izin Allah. Semoga semua mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlipat ganda.