“Sejak beberapa bulan lalu kami sudah bersinergi dengan Ayam Goreng Nelongso untuk menyantuni anak yatim dan anak kurang mampu, terima kasih,” kata Wakil Ketua PC LAZISNU Jember

Upaya Rutin LAZISNU Jember Santuni Anak Yatim Setiap Hari Jum'at
Santuan Kepada Anak Yatim Oleh NU Care-LAZISNU Jember – NU Online, Aryudi A Raza

Dalam upaya memberikan manfaat bagi seluruh warga di sekitar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jember, Jawa Timur, melalui lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) berkerjasama dengan rumah makan Ayam Goreng Nelongso, Jember. Mengadakan acara santunan untuk para anak yatim pada hari Juma’t, 15 Januari 2021, acara yang dihadiri puluhan anak yatim ini berlangsung dengan sangat meriah dan dihadiri pula oleh Wakil Ketua PC LAZISNU Jember.

Dilansir dari situs resmi Nahdlatul Ulama Online, “Sejak beberapa bulan lalu kami sudah bersinergi dengan Ayam Goreng Nelongso untuk menyantuni anak yatim dan anak kurang mampu, terima kasih,” kata Wakil Ketua PC LAZISNU Jember, Abdul Rohim saat memberikan sambutan.

Menurut Dosen IAIN Jember itu, santunan adalah bagian dari program sekaligus respon LAZISNU Jember dalam menyikapi fenomena sosial yang berkembang di masyarakat. Dampak ekonomi yang ditimbulkan virus Covid-19 cukup dahsyat. Munculnya Covid-19 juga memperburuk tatanan sosial.

Berfoto Bersama Pengurus LAZISNU Jember – NU Online, Aryudi A Raza

Imbuhnya, bahwa sebelum virus Covid-19 merebak ke wilayah Jember kondisi ekonomi masyarakat memang sudah menurun, menyusul dengan daya beli masyarakat yang menurun. Namun setelah virus Covid-19 mulai kondisinya menjadi semakin terpuruk, akibatnya peningkatan jumlah orang miskin baru, dan tak sedikit anak yatim yang kehilangan orang tua asuh.

“Program santunan ini, memang fokusnya kepada anak yatim, dan anak kurang beruntung,” lanjut Abdul Rohim.

Baca juga:  Dewan Da'Wah Islamiyah Indonesia Mendukung Keputusan Penetapan Status Kehalalan Vaksin

Di tempat yang sama, Direktur NU Care-LAZISNU Jember, Kholilur Rohman mengungkapkan bahwa santunan untuk anak yatim adalah satu di antara sekian program sosial yang dititikberatkan tahun ini. Sebab, keterpurukan ekonomi akibat wabah Corona diperkirakan masih memerlukan waktu yang lama untuk bisa pulih.

“Santunan dan kegiatan sosial lainnya seperti makan gratis, tetap akan kami gelar, di samping itu program listrik gratis untuk lembaga dan warga tak mampu, juga jalan terus,” ucap Pak Nanang.

Ia berharap, kerja sama NU Care-LAZISNU Jember dengan Ayam Goreng Nelongso dapat menghasilkan manfaat bagi masyarakat, khususnya dalam meringankan beban sosial akibat efek domino wabah Corona. Dikatakannya, untuk menghadapi persoalan sosial yang krusial, memang dibutuhkan kerja sama antar elemen masyarakat, sehingga persoalan yang ada bisa diatasi meski tidak seluruhnya.

“Saya kira misi kita, misi NU Care-LAZISNU dan manajemen Ayam Goreng Nelongso sama, yakni ingin bermanfaat bagi masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, manajer Ayam Goreng Nelongso Jember, Fahmi berharap agar buah kerjasama pihaknya dengan NU Care-LAZISNU itu dapat dirasakan oleh mereka yang memang membutuhkan. Karena itu, sinergi tersebut akan terus dilakukan guna memberikan manfaat kepada masyarakat, betapapun kecilnya.

“Kami berharap ini berlanjut, bisa setiap Jumat. Teknis di lapangan kami serahkan kepada LAZISNU,” pungkasnya.