Pesawat Hope UEA menjadi yang pertama kali mendarat di planet Mars, kemudian Tianwen-1 yang berasal dari Cina mendarat dua hari setelahnya, dan terakhir Perseverance pesawat milik Amerika Serikat NASA.

Penyelidikan Hope Uni Emirate Arab Menjadi
“Hope Probe” Uni Emirate Arab (UEA)

Misi luar angkasa Arab yang pertama, misi penyelidikan yang dilakukan oleh pesawat “Hope” Uni Emirate Arab (UEA), diharapkan mencapai orbit Mars pada hari Selasa, 9 Februari 2021, menjadikannya pertama dari tiga pesawat luar angkasa yang tiba di Planet Merah bulan ini.

Pesawat Hope UEA menjadi yang pertama kali mendarat di planet Mars, kemudian Tianwen-1 yang berasal dari Cina mendarat dua hari setelahnya, dan terakhir Perseverance pesawat milik Amerika Serikat NASA.

Hal ini mencatatkan sejarah untuk UEA, dimana negara Teluk yang kaya itu menjadi negara kelima yang pernah mencapai Mars – sebuah usaha yang dijadwalkan untuk menandai peringatan 50 tahun penyatuan UEA.

Bangunan terkenal di seluruh UEA telah menyala merah pada malam hari itu, akun sosial media resmi pemerintah dihiasi dengan tagar #ArabstoMars, dan pada hari besar Burj Khalifa Dubai, menara tertinggi di dunia, akan menjadi pusat pertunjukan perayaan.

“Hope” yang dikenal sebagai “Al-Amal” dalam bahasa Arab, akan mengorbit planet ini setidaknya selama satu tahun Mars, atau 687 hari, sementara Tianwen-1 dari China dan penjelajah Perseverance Mars 2020 dari AS akan mendarat di permukaan Mars.

Hanya AS, India, bekas Uni Soviet, dan Badan Antariksa Eropa yang berhasil mencapai Planet Merah di masa lalu.

Setelah lepas landas dari Jepang Juli lalu, misi Hope kini menghadapi manuver “paling kritis dan kompleks”, menurut pejabat Emirat, dengan peluang 50-50 untuk berhasil memasuki orbit Mars.

Baca juga:  Apa Sesunggunya Masa Atau Waktu?

Pesawat ruang angkasa harus melambat secara signifikan agar dapat ditangkap oleh gravitasi Mars, memutar dan menembakkan keenam pendorong Delta-V selama 27 menit untuk mengurangi kecepatan jelajahnya dari 121.000 km per jam menjadi sekitar 18.000 km per jam.

Proses ini menghabiskan setengah dari bahan bakarnya, akan dimulai pada hari Selasa dan akan memakan waktu 11 menit untuk sinyal kemajuannya mencapai darat.

Omran Sharaf, manajer proyek misi UEA, mengatakan “suatu kehormatan besar” menjadi yang pertama tiba dalam misi tahun ini mencapai Mars. “Keberhasilan misi ini tidak pernah menjadi perlombaan bagi kami,” katanya.