Penggunaan hijab dalam seragam operasional diperkenalkan oleh Polisi Selandia Baru bertujuan untuk mendorong lebih banyak minat wanita Muslim bergabung di unit kepolisian, hal tersebut yang menjadikan pemerintah Inggris berupaya mengujicobakannya untuk pertama kalinya.

Inggris Melakukan Uji Coba Penggunaan Hijab
Khadeejah Mansur – Polisi Leicester uji coba model hijab dari Selandia Baru

Penggunaan hijab dalam pakaian operasional kepolisian ini sudah dilakukan penelitian selama 16 bulan lamanya, ini dilakukan agar penggunaan hijab bukanlah menjadi hambatan untuk wanita Muslim selama menjalankan tugasnya, dimana ada beberapa peralatan standar kepolisian yang harus dikenakan terlebih pada bagian kepala.

Hijab ini memiliki fitur keselamatan seperti pengencang magnet yang lepas dengan mudah jika digenggam, sehingga jika terjadi sesuatu yang membahayakan seorang polisi berhijab, maka harapannya ini bukanlah menjadi masalah.

Jilbab coba digunakan oleh salah satu petugas mahasiswa Polisi Leicestershire, tetapi bisa juga digunakan untuk keseharian di luar waktu tugasnya.

Polisi Leicestershire mengatakan ini adalah pasukan pertama di negaranya yang mengadopsi model Selandia Baru.

Namun, ini bukan yang pertama memperkenalkan jilbab, karena Kepolisian Metropolitan, Kepolisian Yorkshire Utara, dan Kepolisian Skotlandia sebelumnya menggunakan jilbab dengan desain berbeda.

Polisi Selandia Baru – Menggunakan hijab untuk seragam opersional

Versi Selandia Baru terbuat dari kain sport, yang memungkinkan kebebasan bergerak tetapi ringan, kuat, dan mudah bernapas, kata Polisi Leicestershire. Pasukan tersebut menambahkan bahwa mereka telah menguji coba sejumlah jilbab sebelumnya, tetapi tidak ada yang berhasil.

Yusuf Nagdi, dari National Association of Muslim Police, berkata: “Kami memiliki komunitas yang sangat beragam di Leicestershire dan kami ingin benar-benar mencerminkan komunitas yang kami layani.”

“Salah satu penghalang di antara komunitas Muslim dan wanita khususnya adalah jilbab, jadi ini memberi kami yang terbaik dari kedua dunia.”

“Kami tahu ada sejumlah individu yang ingin bergabung dengan unit kepolisian tetapi mereka tidak ingin mengkompromikan keyakinan mereka.”

Kebijakan Nasional.

Baca juga:  Reem Kirja (13 Tahun) Mendesak Sekolah Di Iowa City Untuk Merayakan Dua Hari Raya Besar Islam

Perwira mahasiswa Khadeejah Mansur, yang bergabung dengan pasukan pada bulan Oktober dan sedang menguji jilbab, berkata: “Sungguh luar biasa dan sangat nyaman.”

“Saya bisa melakukan pelatihan saya sama baiknya dengan orang lain dan masih terlindungi.”

“Saya percaya penting untuk memilikinya sebagai bagian dari seragam kami untuk membuat wanita Muslim lainnya sadar bahwa Polisi Leicestershire melayani semua kebutuhan individu, terutama dengan seragam kami.”

Rencananya uji coba akan berlangsung hingga April mendatang, jika berhasil, akan dipertimbangkan untuk mengeluarkan kebijakan terhadap penggunaan hijab dalam seragam kepolisian secara nasional.