Maka sudah semestinya kitab suci Al Qur'an sebagai representasi perkataan atau kalam Allah ﷻ menjadi sahabat dalam kehidupan setiap Muslim, namun terkadang tak banyak yang mampu bersahabat baik dengan Al Qur'an, sehingga membutuhkan panduan atau cara jitu untuk bersahabat dengannya.

Ketahui 4 Cara Jitu Bersahabat Dengan Al Qur'an

Al Qur’an diwahyukan kepada Rasulullah Muhammad ﷺ dengan tujuan sebagai petunjuk untuk seluruh manusia yang ada di muka bumi, perihal tujuan tersebut banyak tersirat pada beberapa ayat di dalam Al Qur’an, salah satunya sebagaimana yang Allah swt firmankan dalam Surat Al Baqarah ayat 185:

ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

“Itulah Kitab yang tidak ada keraguan di dalamnya, sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa.”

QS. Al Baqarah: 2

Maka sudah semestinya kitab suci Al Qur’an sebagai representasi kalam Allah ﷻ menjadi sahabat dalam kehidupan setiap Muslim, namun terkadang tak banyak yang mampu bersahabat baik dengan Al Qur’an, sehingga membutuhkan panduan atau cara jitu untuk bersahabat dengannya.

Setidaknya ini ada 4 cara jitu bersahabat dengan Al Qur’an yang bisa dilakukan oleh setiap pribadi Muslim, kuncinya mulailah dari yang sedikit kemudian berusaha untuk menjadikannya terbiasa.

  1. Curi-curi Waktu Untuk Tilawah Walau Sebentar.

Selayaknya ketika seseorang jatuh cinta maka akan berusaha untuk mencuri waktu untuk sekedar melihat walau sebentar, hal ini juga bisa dilakukan jika seorang Muslim ingin bersahabat dengan Al Qur’an. Tapi hal ini gak akan mudah dilakukan untuk para pemula, oleh karena itu dibutuhkan paksaan yang kuat dalam dirinya untuk menyempatkan tilawah Al Qur’an walau sebentar, usahakan ada waktu khusus walau sebentar untuk membuka Al Qur’an.

  1. Ganti Playlist Musik Dengan Murottal Al Qur’an.
Baca juga:  Presiden Joko Widodo Resmikan Selesainya Renovasi Besar Masjid Istiqlal

Mendengarkan daftar musik mulai dari satu penyanyi ke penyanyi yang lainnya terkadang menjadi sesuatu hal yang biasa atau lumrah dilakukan dalam keseharian, akan tetapi musik tidak akan pernah bisa mendekatkan seorang Muslim kepada Allah ﷻ dalam ketaan. Maka berusahalah mengganti daftar musik dengan murottal Al Qur’an, upayakan untuk memilih qori atau pelantun bacaan Al Qur’an yang nyaman didengarkan dan menentramkan di hati. bukankah setiap orang yang beriman akan bergetar hatinya ketika disebutkan nama Allah ﷻ?

  1. Ganti Bersenandung Dengan Muroja’ah.

Jika dalam perjalanan biasa bersenandung lagu-lagu tempo doeloe atau kekinian, maka mulailah untuk bermuroja’ah hafalan Al Qur’an, karena manfaatnya bukan hanya sekedar sebagai pengingat akan tetapi juga bisa menjadi bernilai ibadah di sisi Allah ﷻ. Niatkan hal tersebut semata-mata karena ingin Al Qur’an menjadi sahabat sekaligus sebaik-baiknya petunjuk dalam kehidupan.

  1. Pastikan Al Qur’an Sangat Dekat Dari Jangkauan Tangan.

Nah, dari tiga poin di atas maka pastikan Al Qur’an selalu berada dalam jangkauan tangan, selayaknya sahabat yang baik akan selalu ada ketika dibutuhkan. Maka ketika punya waktu luang ingin bertilawah atau mencoba menambah hafalan Al Qur’an dapat segera dilakukan seketika, bukankah niat atas perbuatan baik itu harus disegerakan?